Apa itu Sistem NUP?

Beberapa dari anda mungkin pernah mendengar istilah sistem ini. Namun, bagi anda yang akan membeli properti pertama kali mungkin akan bingung apa itu NUP ? seperti apa sistemnya? Dll.
Oke mari kita bahas secara lengkap.

Biasanya proses awal saat membeli sebuah properti kita cukup menyerahkan booking fee atau uang tanda jati ( UTJ ) dengan nominal yang bervariatif di setiap developer. Dan booking fee atau utj umumnya akan hangus jika terjadi pembatalan secara sepihak, kecuali dalam case case tertentu.

Berbeda hal dengan sistem booking langsung, sistem NUP bisa lebih fleksibel. Pada prinsipnya saat konsumen membayarkan sejumlah uang untuk mendapatkan Nomor Urut Pemilihan belum terjadi transaksi jual beli, karena hanya menunjukkan minat saja. Sejumlah uang tersebut bisa dikembalikan 100% apabila konsumen tidak jadi membeli saat acara pemilihan unit dilaksanakan, atau akan diakumulasikan menjadi uang tanda jadi dan konsumen tinggal menambah kekurangan bayar dari sejumlah booking fee yang sudah ditetapkan apa bila ingin melanjutkan proses pembelian.

Teknis Sistem NUP

NUP biasanya dikeluarkan oleh developer satu bulan atau beberapa minggu sebelum launching dari unit yang dibangun. Lalu, para konsumen yang sudah melakukan pembayaran NUP akan mendapatkan kwitansi beserta nomor antrian yang untuk pemilihan unit.

Nomor antrian yang didapatkan tergantung seawal apa kita memesan NUP. Semakin awal kita memesan semakin rendah nomor urut yang kita dapatkan. Maka, semakin luas kesempatan kita mendapatkan unit dengan lokasi yang kita incar atau dambakan.

Karena pada saat acara pemilihan unit, semua orang yang sudah memiliki NUP akan diundang untuk memilih unit secara serentak pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan. 

Jika kita memiliki NUP belakangan maka kita memilihnya pun akan belakangan. Tentu dengan unit yang tersisa.

Dan satu hal yang membuat sistem NUP menarik adalah apabila terjadi pembatalan mungkin karena ketidakcocokan harga, cara bayar, konsep atau apapun maka uang NUP bisa dikembalikan secara utuh.

Berikut beberapa alasan mengapa anda tidak perlu takut ikut NUP :

  • Minim risiko
  • Kesempatan memilih unit yang kita inginkan lebih luas
  • Bisa menfapatkan harga perdana atau promo yang menarik
  • Investasi yang menarik, karena saat rumah sudah jadi harganya sudah pasti naik puluhan % ( persen ) dari harga saat anda beli dengan NUP
  • uang muka atau DP bisa dicicil sambil proses pengajuan dan sambil rumah dibangun, jadi DP akan terasa lebih ringan

Jadi, jika anda mendapatkan penawaran sebuah properti yang menggunakan sistem NUP dan anda merasa cocok dengan properti tersebut, saya sarankan untuk segera memiliki NUP-nya.

Seperti perumahan jazeera cikarang yang menerapkan sistem NUP saat pre-launchnya, bisa diperkirakan NUP-nya akan cepat habis. Karena perumahan tersebut mempunyai lokasi sangat strategis dan fasilitasnya super lengkap. Jadi, kalau anda tidak cepat-cepat action maka akan mendapaktan NUP yang besar atau malah tidak akan kebagian unitnya sama sekali.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih